21 December 2013

7 Cara sederhana membahagiakan Ibu

Mendekati Hari Ibu 22 Desember nanti, Mari kita mengevaluasi hubungan kita dengan ibu kita tercinta.\ #kalo saya sih manggilnya mamah
 
Sudahkah kamu membahagiakan ibu? Seorang ibu tidak perlu harta melimpah sebagai bukti cinta. Justru hal-hal kecil dalam artikel ini bisa kamu lakukan untuk membahagiakan bunda tercinta..




Sayangnya, hal-hal kecil ini seringkali kita lupakan. Kesibukan setiap hari dan di masa sedang menikmati kehidupan sebagai perempuan muda sering membuat anak jauh dari ibunya. Coba lihat ke belakang, apakah kamu masih dekat dengan ibu, atau semakin jauh karena banyak hal yang harus diurus?

Tenang saja, tidak ada waktu terlambat untuk merangkul kembali bunda tercinta dan membisikkan,
"I love you, mom.."
Selain kata-kata, buktikan tanda cinta untuk ibu dengan beberapa hal kecil yang akan membahagiakan hatinya

1. Mendengarkan Cerita dan Curhat Bunda.



Seorang ibu sama seperti kamu, seorang wanita. Dia selalu membutuhkan tempat untuk curhat, berkeluh kesah, atau menceritakan hal-hal bahagia dalam hidupnya. Seringkali, seorang ibu merasa kesepian karena anak-anaknya sudah besar, sudah sibuk sendiri-sendiri, dan tidak ada tempat curhat selain dengan suaminya.

kamu juga wanita, pasti mengerti bagaimana senangnya didengarkan saat curhat. Demikian juga yang dirasakan ibu kamu, walau tidak bilang, beliau pasti senang bila kamu mau duduk berdua, saling cerita, saling curhat. Dengan saling cerita, kamu bisa memahami apa yang diinginkan ibu, ibu kamu juga akan demikian. Luangkanlah waktu untuk mendengar cerita bunda.

2. Belikan Barang Kesukaannya (Nggak Harus Mahal).




Silakan kamu tanya para ibu di seluruh dunia, mereka tidak pernah berharap kamu membelikan rumah mewah dengan isinya untuk mereka. Seorang ibu tidak pernah meminta imbalan apapun, apalagi materi. Namun bukan berarti kamu bisa cuek pada bunda. Beri perhatian dengan benda-benda kecil kesukaannya.

Misalnya, sedang musim hujan seperti sekarang, kamu sedang di luar dan ingat bahwa ibu suka bakso atau wedang jahe. Tidak ada salahnya kamu memberi kejutan berupa sebungkus bakso hangat untuk bunda. Jika dihitung materi, memang kecil, namun lihatlah senyum ibumu saat kamu pulang dan membawa makanan kesukaannya.

3. Ajak Ibu Jalan-Jalan.

kamu wanita, suka shopping, atau setidaknya jalan-jalan cuci mata. Ibumu juga sama. Mungkin beliau tidak pernah mengajak secara langsung. Banyak ibu yang sungkan mengajak anak perempuannya (terutama yang sudah bekerja) untuk jalan-jalan. "Sungkan mbak, kesannya seperti minta dibelikan macam-macam, tapi saya seneng banget kalau anak perempuan saya ngajak jalan-jalan duluan," ujar ibu ibu di mall

Maka ajaklah ibumu jalan-jalan terlebih dahulu. Tidak perlu ke tempat mahal, ajaklah ke tempat yang disukainya. Entah itu mall mewah, took bangunan, atau toko toko di pasar tradisional langganannya. Lalu ajaklah ibu kamu makan, atau ajaklah ke tempat yang sering dikunjungi saat kamu masih kecil. "Mamah ingat nggak? Dulu aku pernah jatuh di depan toko itu," kenangan-kenangan kecil itu akan membuat ibu kamu tersenyum.

4. Ingat Hari Ulang Tahun Atau Pernikahannya.

Senang dong jika kamu ulang tahun dan banyak yang mengucapkan selamat apalagi oang yang kamu sayang. Ibu kamu juga sama, dia pasti ingin orang-orang yang dicintainya memberi ucapan selamat. Sebuah ucapan hangat di pagi hari, ciuman di pipi, lagu ulang tahun, itu semua akan mengukir senyum di bibirnya. Hari spesial lain yang akan diingat wanita adalah hari pernikahannya. Segera set kalender hape celiring kamu deh !

Kamu bingung mau membeli kado apa untuk bunda? Beberapa minggu sebelumnya ajaklah beliau jalan-jalan. Lalu belokkan bunda ke toko tas, sepatu baju, seolah-olah kamu yang pengin beli. Kemudian lihatlah beberapa tas yang diambil dan dilihat-lihat oleh bunda. Kemungkinan besar, ibu kamu menyukai tas itu. Maka buatlah itu menjadi kado. kamu bisa melakukannya pada benda-benda lain. Baju kondangan misalnya.

5. Kenalkan Teman dan Pacar Kamu.

Seorang ibu selalu ingin mengetahui dengan siapa anak perempuannya bergaul. Ada banyak perempuan yang menyembunyikan teman-temannya dari sang ibu, takut kalau teman-teman berpikir 'aneh' tentang ibunya. Tidak perlu begitu, seorang ibu pasti senang jika kamu memperkenalkan teman-teman, apalagi dibawa ke rumah.

Hal sama berlaku untuk pacar kamu. Wajar kok jika di usia kamu yang menyentuh usia dewasa, ada pria yang suka sama kamu. Bawalah dia ke rumah dan kenalkan dengan bunda. Jika pria ini memang baik, sopan dan tidak berpakaian aneh-aneh, ibu kamu pasti menerimanya dengan baik.

6. Ingat Menelepon Bunda Saat Jauh.


Kamu sekarang sekolah, kuliah atau kerja di luar kota dan jauh dari bunda? Jangan lupa telepon ibu kamu, setidaknya dua kali seminggu. Tidak perlu lama-lama, lima menit cukup untuk membuat hati ibu kamu lega, bahwa kamu baik-baik aja, bahwa kamu sehat, suaramu seolah menjadi jawaban atas doa-doa yang meminta kesehatan untuk kamu.

Jangan karena sibuk, itu jadi alasan untuk lupa menelepon ibu. Percayalah, suara kamu di pagi hari dan sekedar sapaan, "Mah apa kabar? Udah makan belum?" akan membuat senyum ibu kamu mengembang. Tidak perlu pelit pulsa untuk menelepon ibu, hartamu  nggak akan habis hanya karena memberi kabar rutin pada keluarga di rumah. 

7. Peluk Ibu Saat Sedang Down.

Kamu pernah merasa down? Saat hati kacau, saat seluruh dunia seolah memusuhi kamu. Apa yang kamu perlukan dalam kondisi seperti ini? Sebuah pelukan. Sebuah pelukan dari orang yang kamu cintai mbok. Ibu kamu juga wanita, dia juga membutuhkan dukungan dan pelukan dari orang yang dicintai, terutama kamu, putri kesayangannya.

Seorang ibu biasanya nggak akan meminta dipeluk, kamu yang harus peka. Saat wajah bunda mulai suram dan tidak seceria biasanya, tanyakan, "Mamah kenapa?" jika memang ada hal yang membuat hatinya sedih, berikan sebuah pelukan. Percayalah, pelukan adalah obat paling mujarab untuk seorang wanita. Pelukan akan membuat wanita lebih kuat, apalagi yang memeluk bunda adalah putrinya sendiri.
Heaven must be really small,

because I see it in my mom's eyes.

Saya mau mengambil sedikit kutipan dari film New Year’s Eve (2011) “Socrates gave long speeches and his friends killed him !!!”
Itu kata penutup yang digunakan Sam saat pidato malam tahun barunya. Buruan kamu buat bahagia ibu kamu sebelum kebahagiaan itu diambil alih oleh orang lain.

  1 comment:

  1. Kita sebagai anak, tidak akan bisa membalas kebaikan seorang ibu, karena beliaulah yang merawat kita, menjaga kita, dari kita kecil sampai sekarang, maka sudah seharusnya kita membahagiakan ibu kita yang sudah banyak berjasa dalam hidup kita
    ST3 Telkom

    ReplyDelete

Link to our Beloved Campus

Google+ Badge

Visitors

Followers

Recent Posts

Text Widget

Latukomsina Corporation. Powered by Blogger.
There was an error in this gadget